Tuesday, September 11, 2018

Menyusui Ternyata Mengurangi Resiko Kanker Payudara Dan Rahim

Posted by Mr sumari at September 11, 2018 0 Comments

Islam sangat fokus dalam hal-hal yang berkenaan dengan kesehatan ibu, anak, dan juga hak-hak ibu dan anak. Sehingga bagi ibu yang menolak menyusui anaknya padahal ia mampu, menerima ancaman di dunia maupun alam abadi yang begitu mengerikan.

“Kemudian Malaikat itu mengajakku melanjutkan perjalanan, tiba-tiba saya melihat beberapa perempuan yang payudaranya dicabik-cabik ular yang ganas. Aku bertanya: ‘Kenapa mereka?’ Malaikat itu menjawab: ‘Mereka yaitu para perempuan yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa alasan syar’i)”. (HR. Ibnu Hibban dalam shahihnya 7491, Ibnu Khuzaimah 1986, dan Syaikh Muqbil rahimahullah dalam Al-Jami’ush Shahih menyatakan: “Ini hadits shahih dari Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu ‘anhu.” Hadis ini juga dinilai shahih oleh Imam Al-Albani).
Di dikala banyaknya perempuan yang tidak mau menyusui anaknya lantaran takut bentuk tubuhnya memburuk, atau kekhawatiran lainnya, Islam justru menyuruh para ibu untuk menyusui anaknya, dan rupanya terkandung nasihat yang sangat besar di balik perintah menyusui ini.

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.” (Al-Baqarah: 233).
Rupanya, menyusui anak mempunyai manfaat mencegah kanker payudara dan juga rahim. Subhanallah!

Penelitian ilmiah menyebutkan bahwa perempuan yang janji dengan masa menyusui yang telah ditetapkan Al-Qur’an akan terhindar dari imbas hormon estrogen yang berbahaya. Ini mengingat, kanker payudara terjadi disebabkan menumpuknya estrogen pada tubuh, sehingga memicu pembengkakan pada payudara dan pembusukan rahim. Dan menyusui merupakan sebuah proses hormonal yang terjadi salah satunya yaitu menekan kadar hormon estrogen.

Jelas bahwa menyusui bukan hanya baik untuk kesehatan dan kecerdasan bayi tapi juga kesehatan si ibu.

“Menyusui bukan hanya baik untuk bayi tapi juga si ibu,” kata ketua peneliti Dr. Alison M. Stuebe dari Universitas North Carolina, Chapel Hill, Amerika Serikat (AS). 

Kesimpulan studi ini diperoleh dari penelitian terhadap 60.075 perawat yang gres melahirkan dan berpartisipasi dalam studi Nurse’s Health Study yang berlangsung antara tahun 1997 dan 2005.

Pada selesai Juni 2005 diketahui ada 608 perempuan (sekitar satu persen) yang menderita kanker payudara di usia sekitar 46 tahun. Selain itu para peneliti juga melaporkan, perempuan yang keluarga dekatnya menderita kanker payudara, risikonya berkurang sampai 59 persen kalau mereka menyusui bayinya.

Berdasarkan penelitian, kalau seorang perempuan tidak menyusui, jaringan di payudaranya akan kembali ibarat pada dikala sebelum hamil dan hal ini bisa menimbulkan terjadinya peradangan. Peradangan yang berlangsung sangat progresif diketahui berkaitan dengan kanker payudara.

“Hipotesa kami, perempuan yang menyusui atau mengonsumsi obat penekan produksi ASI akan mencegah terjadinya peradangan,” tulis sebuah laporan yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Archieves of Internal Medicine (Kompas, 11/08/2009).

Secara general, menyusui sangat mempunyai kegunaan bagi kesehatan. Di antaranya, sanggup mengurangi perdarahan sesudah persalinan, mempercepat pengecilan rahim, menunda masa subur, mengurangi anemia, mencegah kanker ovarium dan kanker payudara, serta menjaga ibu semoga tetap langsing.

Sebuah laporan penelitian dalam Jurnal Obstetri dan Ginekologi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Center for Research on Health Care, University of Pittsburgh, melaporkan bahwa perempuan yang menyusui lebih dari 12 bulan bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung sampai 10 persen.

Penelitian ini melibatkan 140.000 perempuan menopause dengan rata-rata usia 63 tahun. Perempuan tersebut memperlihatkan gosip mengenai rujukan makan dan sejarah menyusui, data BMI (body mass index/indeks massa tubuh) serta riwayat medis. Selama penelitian partisipan dikirimkan laporan medisnya dan waktu rata-rata penelitian ini yaitu 8 tahun.

Semoga gosip ini bermanfaat....

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 comments:

Recent Articles

Blogroll

Recent News

© 2014 Cahaya Inspirasi.
Powered by Themes24x7 .
back to top